Rabu, 21 Oktober 2009

PROSES KEPERAWATAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PROMOSI KESEHATAN

PROSES KEPERAWATAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PROMOSI KESEHATAN

Oleh : Ns.Wiwik Priyatin,S.Pd.S.Kep.

Staff Pengajar Akademi Keperawatan “Yakpermas” Banyumas

Blog : http : //wiwikaisya.blogspot.com/

I.Pendahuluan

Kesehatan adalah keadaan sejahtera badan, jiwa, dan social yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara social dan ekonomi. (UU Kesehatan No.23 tahun 1992 dalam bukunya Soekidjo Notoatmodjo, 2007 :3).Hal tersebut berarti bahwa kesehatan seseorang tidak hanya diukur dari aspek fisik, mental dan social saja, tetapi juga diukur dari produktifitasnya.

Dalam rangka untuk mewujudkan kesehatan dilakukan upaya kesehatan, yaitu setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah dan atau masyarakat (Soekidjo Notoatmodjo, 2007 : 8).Upaya mewujudkan kesehatan dilihat dari dua aspek yaitu pemeliharaan kesehatan dan peningkatan kesehatan.Pemeliharaan kesehatan mencakup dua aspek yaitu aspek kuratif dan rehabilitative sedangkan peningkatan kesehatan mencakup dua aspek juga yaitu aspek preventif dan promotif.Hal tersebut dapat diartikan bahwa upaya untuk mewujudkan kesehatan dilakukan secara komprehensif, oleh sebab itu upaya kesehatan promotif mengandung makna bahwa kesehatan seseorang, kelompok, atau individu harus selalu diupayakan sampai tingkat yang optimal.

Dengan demikian, sebagai seorang perawat atau calon perawat hendaknya memiliki bekal yang cukup salah satunya adalah kemampuan melakukan pengkajian dan membuat strategi pembelajaran pada konsep pendidikan atau promosi kesehatan sebagai bentuk persiapan dalam melakukan promosi kesehatan.

Makalah ini memaparkan tentang pengkajian factor prediosposisi (predisposing factors), factor pemungkin (Enambling factors), factor penguat (Reinforcing factors), pengkajian pada individu, keluarga serta masyarakat dan bagaimana membuat Diagnosa pembelajaran serta strategi pembelajarannya.

II. Konsep Promosi Kesehatan

Kesehatan merupakan hasil interaksi berbagai factor, baik factor internal maupun factor eksternal. Secara garis besar factor – factor yang mempengaruhi kesehatan, baik individu, kelompok, maupun masyarakat dikelompokkan menjadi 4 berdasarkan urutan besarnya (pengaruh) terhadap kesehatan tersebut yaitu lingkungan yang mencakup fisik, social, budaya, politik, ekonomi, ;perilaku;pelayanan kesehatan dan hereditas (keturunan).

Pemeliharaan dan peningkatan kesehatan masyarakat hendaknya juga dialamatkan kepada emapat factor tersebut. Intervensi terhadap factor lingkungan fisik adalah dalam bentuk perbaikan sanitasi lingkungan, sedangkan intervensi terhadap lingkungan social, budaya, politik dan ekonomi dalam bentuk program – program peningkatan pendidikan, perbaikan social ekonomi masyarakat, penstabilan politik dan keamanan, intervensi terhadap factor pelayanan kesehatan adalah dalam bentuk penyediaan dan atau perbaikan fasilitas pelayanan kesehatan, perbaikan system dan manajemen pelayanan kesehatan sedangkan intervensi terhadap factor hereditas antara lain dengan perbaikan gizi masyarakat khususnya perbaikan gizi ibu hamil.

Dengan demikian, kalau kita telaah secara keseluruhan factor-faktor tersebut terkait dengan perilaku manusia. Perilaku merupakan factor terbesar kedua setelah factor lingkungan yang mempengaruhi kesehatan individu, kelompok atau masyarakat.(Blum:1974, dalam bukunya Soekidjo Notoatmodjo, 2007 : 15). Upaya terhadap factor perilaku secara garis besar yaitu :

A. Tekanan (Enforcement)

Upaya agar masyarakat mengubah perilaku atau mengadopsi perilaku kesehatan dengan cara-cara tekanan, paksaan atau koersi (coertion). Upaya enforcement ini bias dalam bentuk undang-undang atau peraturan-peraturan (law enforcement), instruksi-instruksi, tekanan-tekanan (fisik atau non fisik), sanksi-sanksi.Dampak terhadap perubahan perilaku lebih cepat, tetapi pada umumnya tidak langgeng (sutainable), karena perubahan perilaku yang dihasilkan dengan cara ini tidak didasari oleh pengertian dan kesadaran yang tinggi terhadap tujuan perilaku tersebut.

B. Pendidikan (Education)

Dalam rangka pembinaan dan peningkatan perilaku kesehatan masyarakat, tampaknya pendekatan edukasi (pendidikan kesehatan) lebih tepat dibandingkan dengan pendekatan koersi. Pendidikan kesehatan adalah suatu penerapan konsep pendidikan di dalam bidang kesehatan.

Dapat disimpulkan bahwa pendidikan atau promosi kesehatan adalah suatu bentuk intervensi atau upaya yang ditujukan kepada perilaku, agar perilaku tersebut kondusif untuk kesehatan, dengan kata lain promosi kesehatan mengupayakan agar perilaku individu, kelompok atau masyarakat mempunyai pengaruh positif terhadap pemeliharaan dan peningkatan kesehatan.

Menurut Green dalam bukunya Soekidjo Notoatmodjo, 2007 : 16, perilaku dipengaruhi oleh tiga factor utama : factor predisposisi (predisposing factor), Faktor pemungkin (Enambling factors), factor penguat (reinforcing factors)

III.Proses keperawatan

Proses keperawatan merupakan suatu modalitas pemecahan masalah yang didasari oleh metode ilmiah, yang memerlukan pemeriksaan secara sistematis serta indentifikasi masalah dengan pengembangan strategi untuk memberikan hasil yang diinginkan. Proses keperawatan adalah salah satu alat bagi perawat untuk memberikan hasil yang diinginkan.

A. Pengkajian

Adalah langkah awal dari tahapan proses keperawatan. Pengkajian factor perilaku dalam promosi kesehatan menurut Lawrence Green : 1980 dalam bukunya Soekidjo Notoatmodjo, 2007 : 16-17).

1. Faktor Predisposisi (Predisposing Factor)

Faktor yang perlu dikaji adalah :

a. Pengetahuan dan sikap masyarakat terhadap kesehatan

b. Tradisi dan kepercayaan masyarakat terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan

c. Sistm nilai yang dianut masyarakat

d. Tingkat pendidikan

e. Tingkat social ekonomi

Hal di atas dapat dijelaskan bahwa untuk berperilaku kesehatan, misalnya pemeriksaan kesehatan bagi ibu hamil diperlukan pengetahuan dan kesadaran ibu tersebut tentang manfaat periksa kehamilan baik bagi kesehatan ibu sendiri maupun janinnya.Faktor ini terutama yang positif mempermudah terwujudnya perilaku,maka sering disebut factor pemudah.

2. Faktor pemungkin (Enambling factors )

Faktor yang perlu dikaji adalah :

a. Ketersediaan sarana dan prasarana atau fasilitas kesehatan bagi masyarakat

Missal : air bersih, tempat pembuangan sampah, tempat pembuangan tinja, ketersediaan makanan yang bergizi, termasuk juga fasilitas pelayanan kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit, poliklinik, posyandu, polindes, pos obat desa, dokter atau bidan praktik swasta.

3. Faktor Penguat (Reinforcing factors)

Faktor yang perlu dikaji :

a. Factor sikap dan perilaku tokoh masyarakat, tokoh agama, para petugas termasuk petugas kesehatan.

b. Undang-undang, peraturan-peraturan, baik dari pusat maupun pemerintah daerah yg terkait dengan kesehatan

B. Promosi Kesehatan Terkait Faktor

1. Promosi kesehatan dalam factor – factor predisposisi

Pendidikan atau promosi kesehatan ditujukan untuk menggugah kesadaran, memberikan atau meningkatkan pengetahuan masayarakat tentang pemeliharaan dan peningkatan kesehatan baik bagi dirinya sendiri, keluarganya maupun masyarakatnya, begitu pula promosi kesehatan memberikan pengertian tentang tradisi, kepercayaan masyarakat, dsb.

2. Promosi kesehatan dalam factor – factor Enabling

Pendidikan kesehatan dilakukan dengan memberdayakan masyarakat agar mereka mampu mengadakan sarana dan prasarana kesehatan dengan Cuma-Cuma tetapi memberikan kemampuan dengan cara bantuan teknik (pelatihan dan bimbingan), memberikan arahan, dan cara-cara mencari dana untuk pengadaan sarana dan prasarana, pemberian fasilitas hanya sebagai percontohan. Bentuk pendidikan yang sesuai pengembangan dan pengorganisasian yang sesuai (PPM), upaya peningkatan pendapatan keluarga, bimbingan koperasidsb.yang memungkinkan tersedianya polindes, pos obat desa, dana sehat, dsb.

3. Promosi kesehatan dalam factor Reinforcing

Promosi kesehatan yang paling tepat adalah bentuk pelatihan bagi toga, toma dan petugas kesehatan sendiri.Tujuan utama dari pelatihan ini adalah agar sikap dan perilaku petugas dapat menjadi teladan, contoh atau acuan bagi masyarakat tentang hidup sehat (berperilaku hidup sehat).

C. Pengkajian pada Individu

Pengkajian awal (initial assessment), dilakukan ketika pasien masuk ke rumah sakit.Selama pengkajian umum, perawat mengidentifikasi kesehatan yang dialami klien, dengan mengumpulkan data pengkajian baik umum maupun khusus dapat memudahkan perencanaan perawatan klien.

Hal yang harus dikaji :

a. Identitas pasien

b. Riwayat penyakit

c. Pola – persepsi –pemeliharaan kesehatan

d. Pola aktivitas latihan

e. Pola Nutrisi dan metabolic

f. Pola Eliminasi

g. Pola Tidur istirahat

h. Pola kognitif – persepsi

i. Pola toleransi – koping stress/persepsi diri/konsep diri

j. Pola seksual – reproduktif

k. Pola hubungan dan peran

l. Pola Nilai dan keyakinan

m. Pengkajian fisik

n. Pernapasan atau sirkulasi

o. Metabolik-integumen

p. Abdomen

q. Neurosensori

r. Muskuloskeletal

s. Perencanaan pulang

Pengkajian lebih lanjut dengan menggunakan format pengkajian (Lihat dan baca pada buku pengantar dokumentasi Proses Keperawatan karangan A.Aziz Alimul Hidayat, S.Kep.)

D. Pengkajian pada Keluarga

Pengkajian keluarga dan individu didalam keluarga.Pengkajian keluarga dengan cara mengidentifikasi data demografi dan social cultural, data lingkungan, struktur dan fungsi keluarga, stress dan koping yang digunakan dalam keluarga dan perkembangan keluarga, sedangkan pengkajian individu sebagai keluarga dengan cara mengkaji :fisik, mental, emosi, social dan spiritual. Pengkajian lebih lanjut dengan menggunakan format pengkajian Keluarga.(Format pengkajian terlampir).

E. Pengkajian pada Masyarakat

Hal yang perlu dikaji :

1. Data Inti

2. Data lingkungan fisik

3. Pelayanan kesehatan dan social

4. Ekonomi

5. Keamanan dan transportasi

6. Politik dan pemerintahan

7. Sistem komunikasi

8. Pendidikan

9. Rekreasi

Pengkajian lebih lanjut dengan menggunakan format pengkajian komunitas (masyarakat).(Format Pengkajian terlampir).

Iv. Penutup

Demikian bahan ajar :makalah ini, dibuat sebagai pedoman bagi mahasiswa untuk belajar pada mata kuliah promosi kesehatan pada kompetensi pengkajian factor prediosposisi (predisposing factors), factor pemungkin (Enambling factors), factor penguat (Reinforcing factors), pengkajian pada individu, keluarga serta masyarakat dan bagaimana membuat Diagnosa pembelajaran serta strategi pembelajarannya. Untuk kompetensi yang belum ada, akan di bahas pada pertemuan selanjutnya.Makalah ini juga sebagai media bagi penulis dalam proses pembuatan buku ajar bagi mahasiswa.

V.Referensi

1. Aziz Alimul Hidayat, 2002. Pengantar Dokumentasi Proses Keperawatan.Penerbit Buku Kedokteran EGC.jakarta.

2. Soekidjo Notoatmodjo, 2003.Prinsip-Prinsip Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat.Penerbit PT Rineka Cipta.Jakarta.

3. Soekidjo Notoatmodjo, 2007.Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku.Penerbit PT Rineka Cipta.Jakarta.

4. Wahit Iqbal Mubarak, dkk, 2006.Ilmu Keperawatan komunitas 2.Penerbit CV Sagung seto. Jakarta.

135 komentar:

  1. Makalah ini sebagai proses pembelajaran bagi penulis dalam rangka persiapan pembuatan buku ajar bagi mahasiswa dan merupakan bahan ajar bagi mahasiswa pada mata kuliah promosi kesehatan, mohon maaf seandainya ada kesalahan dalam penulisan, serta mohon masukan dan koreksi untuk kelengkapan dalam penulisan, untuk format-format pengkajian yang belum ada mahasiswa bisa menggunakan media buku-buku yang tersedia di perpustakaan.terima kasih.Penulis

    BalasHapus
  2. Tulisannya sangat bagus dan berguna...

    BalasHapus
  3. materi ini sangat membantu mahasiswa dalam balajar. dan menambah wawasan

    BalasHapus
  4. konsep materi yang bagus,mahasiswa bisa menjadi penasaran untuk membukanya.....

    BalasHapus
  5. makalahnya sangat berguna bagi yang membacanya

    BalasHapus
  6. materi ini dapat membantu mahasiswa dalam melakukan pengkajian di rumah sakit..

    BalasHapus
  7. materinya berguna untuk melakukan pengkajian lingkungan masyarakat sebagai proses promosi kesehatan

    BalasHapus
  8. makalahnya bagus...digunakan sebagai pedoman mahasiswa untuk belajar mata kuliah promosi kesehatan....:)

    BalasHapus
  9. materinya berguna buat saya untuk belajar.

    BalasHapus
  10. materi ini bisa menambah pengetahuan untuk mahasiswa

    BalasHapus
  11. materinya sangat berguna dan dapat menambah ilmu pengetahuan bagi mahasiswa

    BalasHapus
  12. materinya sangat lengkap dan dapat membantu dalam mata kuliah promkes

    BalasHapus
  13. materinyasangat bagus bu,,,ini bisa menambah wawasan bagi mhasiswa dalam promkes

    BalasHapus
  14. materinya bagus,mahasiswa dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

    BalasHapus
  15. materinya memuaskan dan bagus untuk mahasiswa...i like it.

    BalasHapus
  16. materinya sangat bagus dan bermanfaat bagi mahasiswa.

    BalasHapus
  17. (Sangat disayangkan masih banyak orang – orang yang mengabaikan kebersihan diri dan lingkungannya, terbukti semakin banyaknya jumlah penyakit yang diakibatkan karena adanya kebersihan diri dan lingkungannya yang kurang baik)
    bagaimna cara kita melakukan penkes trehadap orang orang seperti di atas bu?agar mereka mau melakukan kegiatan PHBS.
    saya bangun mulyadiyanto(2.C)10.098

    BalasHapus
  18. Saya setuju apabila perawat maupun calon perawat memiliki bekal yang cukup.
    Makalah ini sangat bagus untuk dibaca dan dipahami,
    Dan materi PROMKES pun semakin menarik.

    BalasHapus
  19. saya setuju,karena ini sangat membantu mahasiswa dalam pembelajaran...

    BalasHapus
  20. makalah ini sangat bermanfaat untuk kita para mahasiswa keprwtan....thx untuk ilmunya

    #prihanto ramadhan 2b 10.076 :-)

    BalasHapus
  21. Siip materinya
    Siap untuk belajar
    terima kasih bu untuk materinya
    everything is ok.. :D

    Chatarina Derrinci F. - 10.052 - 2B

    BalasHapus
  22. everything is ok
    Kami siap mempelajarinya.. :)

    Eka Priyatun 10.057 2B

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. saya sudah baca ibu~
    tapi belum smua. hehehehe. nanti saya teruskan :)
    tapi saya yakin sangat bermanfaat ^^


    tri anugrah 10.088 2B

    BalasHapus
  27. semoga masyarakat dapat memelihara dan meningkatkan taraf kesehatannya....
    materi yang sangat bermanfaat khususnya bagi yang membacanya.....

    Wahyu maifendi (IIC / 10.138)

    BalasHapus
  28. materinya sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan bagi semua yang membacanya.

    Umiyatun (IIC / 10.137)

    BalasHapus
  29. sangat berguna untuk bahan pembelajaran baik untuk mahasiswa maupun untuk umum..

    Mei hanian IIC 10.116

    BalasHapus
  30. materinya sangat bagus,ini bisa saya menambah ilmu pengetahuan saya, dan semoga bisa bermanfaat bagi yang membacanya...


    Fitria Linggawati (IIC/10.107)

    BalasHapus
  31. Mnurut saya materi ibu bagus,terutama untuk saya karena bisa di terapkan dalam kehidupan saya sehari hari,dan bisa memahami secara mendalam.

    Lusi Susanti (IIC)

    BalasHapus
  32. Terima kasih atas materinya, ini berguna bagi saya dan masyarakat. Ayo kita lanjutkan.

    Satria Purnomo (IIC / 10.129)

    BalasHapus
  33. Makalah ini sangat baik Bu, untuk kami baca dan kami pelajari selaku mahasiswa perawat. dengan membaca materi ini kami jadi lebih mengerti dan paham tentang bayak faktor faktor yang empengaruhipromoso kesehatan di masyarakat khususnya sekarang ini,
    dan serta bagaimana kami mempunyai strategi yang bagus unutk belajar membuat dignosa yang jelas.

    Yulius Bayu Aji/IIA/10.046

    BalasHapus
  34. Artikel ibu sangat menarik, bisa menambah pengetahuan tentang kesehatan yang dapat menambah pengetahuan.

    Herniati (IIC / 10.109)

    BalasHapus
  35. materinya cukup menraik minat saya untuk belajar kesehatan lebih dalam lagi..memacu saya untuk lebih berkreasi lagi dalam melakukan promkes terhadap masyarakat.



    dzulkifli 2C 10.103

    BalasHapus
  36. Materi ini sangat bagus Bu, dan menarik untuk kami baca sebgai calon perawat karena proses yang akan kami lalui sebagai seorang perawat memerlukan modal pemecahan masalah yang perlu di dasari metode ilmiah, dengan membaca materi yang ibu sediakan identifikasi masalah yang kami hadapi dapat terselesaikan dengan hasi yang diinginkan kelak.
    nuwun.

    Fransiska Endah Y/IIA/10.014

    BalasHapus
  37. Setelah saya membaca artikel tersebut, ternyata isi dari artikel tersebut sangat bagus. Dan menambah wawasan untuk saya. Terima kasih atas materinya, dan pastinya bisa bisa bermanfaat bagi yang membacanya.

    Sugeng Riyadi (IIc / 10.132)

    BalasHapus
  38. materi ini sangat menarik dan bisa membantu mahasiswa

    BalasHapus
  39. makalah ini sangat menarik untuk baca dan setelah membaca materi ini sampai selesai saya menjadi lebih paham materi yang di ajarkan dosen waktu di kelas.

    BalasHapus
  40. MAKALAH ini sangat membantu mahasiswa dalam mata kuliah promkes

    BalasHapus
  41. makalah ini sangat bermanfaat dan bisa menambah wawasan tentang promosi kesehatan serta bisa mengetahui bagaimana pengkajian yang baik dan benar

    BalasHapus
  42. terima kasih atas materi yang telah diberikan karena dengan materi ini mahasiswa akan mengetahui cara pengkajian yang baik

    BalasHapus
  43. artikel ini sangat membantu mahasiswa untuk memahami materi promkes dikelas.

    BalasHapus
  44. terima kasih bu,atas materinya karena sangat berguna bagi kita semua

    BalasHapus
  45. materi ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa khususnya makul prom.kes

    BalasHapus
  46. banyak materi yang menjadi wawasan baru untuk menambah pengetahuan mahasiswa dalam proses belajar.

    BalasHapus
  47. materinya sangat berguna bagi mahasiswa karena mungkin dapat menambah pengetahuan bagi kita.
    salam hormat dari Ari P. (IIC /10.096)

    BalasHapus
  48. materinya bagus dan bermanfaat

    BalasHapus
  49. materinya belum saya baca semua, tapi saya yakin materi ini sangat bermanfaat bagi kami.

    terimakasih bu.^^


    Dyah Restu A. IIB

    BalasHapus
  50. materinya sangat bagus, menambah pengetahuan buat Mahasiswa kususnya untuk matakuliah Promkes.

    BalasHapus
  51. bagus bu dan sangat bermanfaat.
    Istianna nur saputri
    IIA

    BalasHapus
  52. materinya sangat bermanfaat dan menambah wawasan atau pengetahuan mahasiswa khususnya makul promkes

    susilowati IIB

    BalasHapus
  53. materinya bagus,, menambah ilmu pengetahuan dan bermanfaat bagi yang membaca khususnya mahasiswa..

    terimakasiih bu....

    dian lingga pangestu, 2B, 10.054

    BalasHapus
  54. materinya bagus bu dan bemanfaat untuk menambah pengetahuan para mahasiawa

    UMI MUNAWAROH IIB (10.090)

    BalasHapus
  55. materinya cukup bermanfaat buat mahasiswa bu. terima kasih...

    linda setia. IIB (10.068)

    BalasHapus
  56. materi ini bagus untuk menambah wawasan saya.

    BalasHapus
  57. materinya cukup bagus bisa memotivasi saya melakukan penkes dan pengkajian.



    trilogi kurniawan
    10.136
    2.C

    BalasHapus
  58. materinya bagus.... juga menambah wawasan bagi kita khususnya mata kuliah promkes.....


    intri kusmiatin
    II B
    10.064

    BalasHapus
  59. menurut saya artikel yang ibu buat sangat memotivasi saya


    dita.y
    10.101
    2C

    BalasHapus
  60. makalah ibu sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa keperawatan khususnya.

    rina rakhmawati (IIC / 10.126)

    BalasHapus
  61. materinya bagus untuk mahasiswa, unktuk mengembangkan atau membangun pola pikir mahasiswa untuk pengkajian masyarakat sebagai promosi kesehatan

    tofan bayu (IIC / 10.134)

    BalasHapus
  62. materi.a sangat bagus bu..mudah dimengerti dan juga bermanfaat bagi say..makasiih..

    X: finda sarimurti; 2B(10.060)

    BalasHapus
  63. menurut saya materinya sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kami khususnya bagi mahasiswa kesehatan

    IRNAWATI
    IIB
    10.065

    BalasHapus
  64. Menurut saya makalah yang Ibu buat sudah bagus dan sangat bermanfaat,karena saya menjadi lebih paham akan materi promosi kesehatan yang telah Ibu ajarkan sebelumnya di kelas.
    Saya tunggu artikel selanjutnya.......
    terimakasih

    Hebat Rahmawati/10.062/IIB

    BalasHapus
  65. promosi kesehatan adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh seorang perawat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan baik asien, keluarga ataupun masyarakat...

    BalasHapus
  66. munurut saya matrei sangat bagus bisa memberi pengetahuan lebih untuk kta sebagai calon perawat dan bisa menjadi bekal kita nanti saat turun di lapangan.
    feliana
    10.106
    2C

    BalasHapus
  67. materi yang di beri sangat baik untuk kita mahasiswa keperawatan,karena dengan materi tersebut kita medapatkan bekal untuk paraktek kita selanjutnya.

    esti.susanti
    10.105
    2C

    BalasHapus
  68. terimakasih bu materinya sangat bermanfaat dan dapat menambah pemahaman ttng materi promkes

    RENI KURNIATI
    IIB
    10.078

    BalasHapus
  69. munurut saya materi sangat bagus dan bisa menambah pengetahuan untuk kami mahasiswa keperawatan.
    dan bisa menambah wawasan khususnya dibidang promosi kesehatan.

    rossi ekawati
    10.128
    2c

    BalasHapus
  70. blog yang ibu buat sangat membantu kami dalam proses pembelajaran sehingga kami dapat belajar secara mandiri dalam mengumpulkan materi.

    BalasHapus
  71. Terimakasih atas materi yang ibu sampaikan disini
    Mudah-mudahan kami sebagai mahasiswa keperawatan bisa mengaplikasikan didunia nyata

    Rifqi nugroho (IIB/10.079)

    BalasHapus
  72. Artikel ibu sangat menarik, setelah saya membacanya saya menjadi lebih mengerti dan semoga bermanfaat bagi saya.

    Rosita Trianasari
    2B
    10.081

    BalasHapus
  73. menurut saya materi ibu sangat bagus ...semoga bermanfaat bagi mahasiswa

    Ratna novita ningrum
    2c
    10.124

    BalasHapus
  74. artikel yang ibu tulis sangat baik untuk mahasiswa keperawatan dan semoga bisa bemanfaat bagi para pembaca.

    nurhardiatiningsih
    2c
    10.120

    BalasHapus
  75. setelah saya membaca materi ibu diatas,saya jadi termotivasi untuk menjaga kesehatan saya sendiri dan menerapkan promosi kesehatan untuk pasien..

    Yusningtias.A(II.C/10.140)

    BalasHapus
  76. sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepeda Ibu yang telah mnyajikan materi perkulihan melalui media seperti ini sehingga mempermudah saya dan temen-temen yang mungkin mengalami kesulitan dalam menyalurkan pendapat di kelas, dapat berpartisipasi dalam menyalurkan pendapat. Selain itu, dapat menjadi penguji pemahaman Mahasiswa tentang materi yang disajikan melalui media ini lewat komentar-komentar yang diberikan oleh setiap Mahasiswa.
    Setelah saya baca materi di atas maka saya tertarik untuk lebih memahaminya dan tentunya sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan khususnya di bidang kesehatan. Semoga bermanfaat bagi kita semua,,,

    BalasHapus
  77. MAteri ini sangat bagus,bisa menambah wawasan saya dan juga bermanfaat bagi pembaca terutama bagi mahasiswa.

    Devi Maria.T (II.C/10.100)

    BalasHapus
  78. saya Tri susanti tk 2a,artikel pada blog ibu sangat baik dan sangat berguna bagi pembaca artikel tersebut.cara pembelajaran seperti ini juga dapat mengoptimalkan pembelajaran di akper yakpermas.
    nama:Tri susanti
    nim:10.042
    tk:2a

    BalasHapus
  79. nama:puji raharjo
    nim:10.123
    tk:2c
    artikel ibu sangat menarik dan metode pembelajaran seperti ini dapat membantu teman teman yang di kelas kurang aktif menjadi bisa berpendapat.

    BalasHapus
  80. materinya sangat bagus untuk kita 2B Khususnya dan tingkat 2 umumnya.terima kasih atas materinya bu.

    fajar wati
    IIB
    10.059

    BalasHapus
  81. terima kasih atas materi yang ibu berikan.

    semoga materi ini berguna dan bermanfaat serta dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi kami semua.

    tita nikmatiah
    II B

    BalasHapus
  82. materinya sangat bagus dan bermanfaat buat semua mahasiswa kususnya tingkat 2,,terimakasih atas materinya bu..


    awalia nur indah .a.
    2b
    10.051

    BalasHapus
  83. terimakasih atas materinya

    kami akan mempelajarinya untuk menambah wawasan bagi kami.

    paradis yuniarti
    II B

    BalasHapus
  84. Metode pembelajaran ini sangat saya suka bu.
    materinya ibu sangat bermanfaat sekali bagi kami para mahasiswa keperawatan.

    Al'anam .L. M
    10.095
    II C

    BalasHapus
  85. Materi yang diberikan bagus,mudah dimengerti dan dapat menambah wawasan bagi mahasiswa.

    BalasHapus
  86. artikelnya sangat menarik dan menambah pengetahuan saya dalam memahami materi tentang promkes dan dapat membantu saya untuk pengkajian saya dilapangan...........

    BalasHapus
  87. menurut saya artikel tersebut bagus dan saya bisa lebih bisa memahaminya karena lebih jelas dari apa yang sudah ibu sampaikan di kelas. Terima kasih dan saya tunggu artikel ibu selanjutnya.

    IIN IMAS SUDARYATI / 10.063 / IIB

    BalasHapus
  88. materinya bagus untuk saya pelajari.

    BalasHapus
  89. materinya bagus bisa di mengerti dan dapat di pahami oleh mahasiswa.

    BalasHapus
  90. materi ibu menarik untuk dipelajari, dan bermanfaat bagi saya sebelum terjun ke masyarakat untuk melakukan promosi kesehatan terhadap individu, keluarga, komunitas dan masyarakat........

    BalasHapus
  91. Terimakasih untuk ibu karena ibu telah memberikan materi yang jelas dan menarik, khususnya materi promkes.
    materi itu akan menjadi bekal kita nanti ketika praktek langsung ke masyarakat..........

    BalasHapus
  92. materinya sangat bagus bu,bisa menambah wawasan bagi yang membacanya.

    dwi oktaviani IIB

    BalasHapus
  93. menurut saya materinya sangat bagus bu,dapat memacu kita untuk belajar.


    mei listiani
    2B/10.070

    BalasHapus
  94. siph,,ini sangat bermanfaat bagi mhs..terimakasih :)



    CITRA UTAMI 10.099

    BalasHapus
  95. Terimakasih atas ilmunya bu....

    Zulfikar Ali Rachman 10.094

    BalasHapus
  96. menurut saya materinya sangat bagus.
    semoga bisa berguna buat pembelajaran dan bisa di praktekkan di lingkungan sekitar kita.

    Laela N.M
    Kelas 2B(10.067)

    BalasHapus
  97. Terima kasih Ibu atas Materi nya,,karena Materi dapat membuka wawasan kami dan para pembaca lain nya...




    Andrison Ta'ek (10.002)

    BalasHapus
  98. bu . . materinya bagus,menambah wawasan kami sebagai calon perawat.semoga bisa kami praktekan dilapangan.

    BalasHapus
  99. ibu........ini yanas kelas IIB, maaf baru bisa posting.
    materi na bagus dan dapat menambah ilmu untuk praktik dalam keperawatan .
    everything it's ok.

    BalasHapus
  100. materi yang ibu berikan sangat membantu saya untuk belajar secara online sangat unik pembelajarannya.trima kasih ibu atas materinya

    reni nurhidayati(10.125)
    klz 2C

    BalasHapus
  101. materi yang ibu buat sangat menarik karena bisa menjadi motivator bagi saya pribadi bagaimana cara menjaga kebersihan


    Siti mutoharoh
    kls 2C

    BalasHapus
  102. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  103. menurut saya materi ibu sangat bagus.karena bisa menjadi motivasi bagi saya


    sutiani 10.133
    2c

    BalasHapus
  104. bagus materinya dan bermanfaat bagi mahasiswa



    imam sutofa
    10.110
    2c

    BalasHapus
  105. aku suka materinya


    rossi eka wati
    10.128
    2c

    BalasHapus
  106. bagus materinya dan bermanfaat bagi mahasiswa



    imam sutofa
    10.110

    BalasHapus
  107. memotivasi mahasiswa dalam belajar,dan materinya sangat menarik.



    rizal dwi satrio adi
    10.127

    BalasHapus
  108. memotivasi mahasiswa dalam belajar,dan materinya sangat menarik.



    musovik
    10.118

    BalasHapus
  109. Ibu, bisa lebih banyak memberi materi lagi kah?
    saya tunggu bacaan baru nya ya bu................
    ^_^

    BalasHapus
  110. bagus bu bisa menambah ilmu



    oka yuga.r
    10.121
    2C

    BalasHapus
  111. sangat bagus bu,, dan bermanfaat bagi mahasiswa...

    eriska anggraini
    2b
    10.058

    BalasHapus
  112. mavv ibu telattt
    sayya suda baca tapii bbrapa .,dan semuga bbrmnfaat untuk saya kdpan .
    trimakasii ibu
    2b .yun afni

    BalasHapus
  113. makalah ibu semoga dapat bermanfaat bagi yang membacanya, termasuk saya. amin


    ades talia 2B
    10.048

    BalasHapus
  114. Materinya bagus Bu,smoga bermanfaat bagi kami sebagai mahasiswa khususnya di bidang KESEHATAN.

    Verdy M.Faot
    2B/10.091

    BalasHapus
  115. Ibu, maaf saya telat posting, materinya telah saya baca.
    tapi saya ada yang belum begitu jelas, dengan penjelasan Ibu kemarin pagi di kelas, saya jadi lebih gamblang.
    Terimakasih ya Bu . . . ^_^

    Everthing it's OK

    BalasHapus
  116. Ibu, maaf saya telat posting, materinya telah saya baca.
    tapi saya ada yang belum begitu jelas, dengan penjelasan Ibu kemarin pagi di kelas, saya jadi lebih gamblang.
    Terimakasih ya Bu . . . ^_^

    Everthing it's OK

    Rityo Pangestiko
    II B / 10.088

    BalasHapus
  117. sangat menerik,semoga bermanfaat bagi kami.
    any rosiyanti
    10.049
    2b

    BalasHapus
  118. setelah saya membaca materinya,menarik untuk dibaca dan mudah di pahami
    safril hajar
    2b
    10.082

    BalasHapus
  119. materinya bagus bu,, dan sangat bermanfaat bagi mahasiswa..

    frianita carolina
    IIB
    10.062

    BalasHapus
  120. Menurut saya materi yang ibu berikan bisa untuk memotivasi saya dan menambah pengetahuan buat saya.

    Pratami Sandra M
    10.122
    Iic

    BalasHapus
  121. menurut saya materi ibu sangat bermanfaat karena menambah wawasan saya,,makasih ya bu


    dwi prikhatun
    10.102
    IIc

    BalasHapus
  122. menurut saya materi yang ibu paparkan sangat bagus dan dapat menambah wawasan>itu sangat bermanfaat bagi kami.mksih bu.

    BalasHapus
  123. menurut saya materinya sngat membantu untuk belajar.

    BalasHapus
  124. mksh postannya sngat membantu.
    kunjungi juga blog saya
    http://yogiafrian93.blogspot.com

    BalasHapus
  125. sangat efisien buat belajar bu hehehe
    makasih bu :)

    BalasHapus
  126. terimakasih ibu materinya sangat membantu saya dlm mengatasi kepusingan saya dlm mempelajari materi ini :)

    viqri leliana 17.104 2C

    BalasHapus