PROSES KEPERAWATAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PROMOSI KESEHATAN
Oleh : Ns.Wiwik Priyatin,S.Pd.S.Kep.
Staff Pengajar Akademi Keperawatan “Yakpermas” Banyumas
Blog : http : //wiwikaisya.blogspot.com/
I.Pendahuluan
Kesehatan adalah keadaan sejahtera badan, jiwa, dan social yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara social dan ekonomi. (UU Kesehatan No.23 tahun 1992 dalam bukunya Soekidjo Notoatmodjo, 2007 :3).Hal tersebut berarti bahwa kesehatan seseorang tidak hanya diukur dari aspek fisik, mental dan social saja, tetapi juga diukur dari produktifitasnya.
Dalam rangka untuk mewujudkan kesehatan dilakukan upaya kesehatan, yaitu setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah dan atau masyarakat (Soekidjo Notoatmodjo, 2007 : 8).Upaya mewujudkan kesehatan dilihat dari dua aspek yaitu pemeliharaan kesehatan dan peningkatan kesehatan.Pemeliharaan kesehatan mencakup dua aspek yaitu aspek kuratif dan rehabilitative sedangkan peningkatan kesehatan mencakup dua aspek juga yaitu aspek preventif dan promotif.Hal tersebut dapat diartikan bahwa upaya untuk mewujudkan kesehatan dilakukan secara komprehensif, oleh sebab itu upaya kesehatan promotif mengandung makna bahwa kesehatan seseorang, kelompok, atau individu harus selalu diupayakan sampai tingkat yang optimal.
Dengan demikian, sebagai seorang perawat atau calon perawat hendaknya memiliki bekal yang cukup salah satunya adalah kemampuan melakukan pengkajian dan membuat strategi pembelajaran pada konsep pendidikan atau promosi kesehatan sebagai bentuk persiapan dalam melakukan promosi kesehatan.
Makalah ini memaparkan tentang pengkajian factor prediosposisi (predisposing factors), factor pemungkin (Enambling factors), factor penguat (Reinforcing factors), pengkajian pada individu, keluarga serta masyarakat dan bagaimana membuat Diagnosa pembelajaran serta strategi pembelajarannya.
II. Konsep Promosi Kesehatan
Kesehatan merupakan hasil interaksi berbagai factor, baik factor internal maupun factor eksternal. Secara garis besar factor – factor yang mempengaruhi kesehatan, baik individu, kelompok, maupun masyarakat dikelompokkan menjadi 4 berdasarkan urutan besarnya (pengaruh) terhadap kesehatan tersebut yaitu lingkungan yang mencakup fisik, social, budaya, politik, ekonomi, ;perilaku;pelayanan kesehatan dan hereditas (keturunan).
Pemeliharaan dan peningkatan kesehatan masyarakat hendaknya juga dialamatkan kepada emapat factor tersebut. Intervensi terhadap factor lingkungan fisik adalah dalam bentuk perbaikan sanitasi lingkungan, sedangkan intervensi terhadap lingkungan social, budaya, politik dan ekonomi dalam bentuk program – program peningkatan pendidikan, perbaikan social ekonomi masyarakat, penstabilan politik dan keamanan, intervensi terhadap factor pelayanan kesehatan adalah dalam bentuk penyediaan dan atau perbaikan fasilitas pelayanan kesehatan, perbaikan system dan manajemen pelayanan kesehatan sedangkan intervensi terhadap factor hereditas antara lain dengan perbaikan gizi masyarakat khususnya perbaikan gizi ibu hamil.
Dengan demikian, kalau kita telaah secara keseluruhan factor-faktor tersebut terkait dengan perilaku manusia. Perilaku merupakan factor terbesar kedua setelah factor lingkungan yang mempengaruhi kesehatan individu, kelompok atau masyarakat.(Blum:1974, dalam bukunya Soekidjo Notoatmodjo, 2007 : 15). Upaya terhadap factor perilaku secara garis besar yaitu :
A. Tekanan (Enforcement)
Upaya agar masyarakat mengubah perilaku atau mengadopsi perilaku kesehatan dengan cara-cara tekanan, paksaan atau koersi (coertion). Upaya enforcement ini bias dalam bentuk undang-undang atau peraturan-peraturan (law enforcement), instruksi-instruksi, tekanan-tekanan (fisik atau non fisik), sanksi-sanksi.Dampak terhadap perubahan perilaku lebih cepat, tetapi pada umumnya tidak langgeng (sutainable), karena perubahan perilaku yang dihasilkan dengan cara ini tidak didasari oleh pengertian dan kesadaran yang tinggi terhadap tujuan perilaku tersebut.
B. Pendidikan (Education)
Dalam rangka pembinaan dan peningkatan perilaku kesehatan masyarakat, tampaknya pendekatan edukasi (pendidikan kesehatan) lebih tepat dibandingkan dengan pendekatan koersi. Pendidikan kesehatan adalah suatu penerapan konsep pendidikan di dalam bidang kesehatan.
Dapat disimpulkan bahwa pendidikan atau promosi kesehatan adalah suatu bentuk intervensi atau upaya yang ditujukan kepada perilaku, agar perilaku tersebut kondusif untuk kesehatan, dengan kata lain promosi kesehatan mengupayakan agar perilaku individu, kelompok atau masyarakat mempunyai pengaruh positif terhadap pemeliharaan dan peningkatan kesehatan.
Menurut Green dalam bukunya Soekidjo Notoatmodjo, 2007 : 16, perilaku dipengaruhi oleh tiga factor utama : factor predisposisi (predisposing factor), Faktor pemungkin (Enambling factors), factor penguat (reinforcing factors)
III.Proses keperawatan
Proses keperawatan merupakan suatu modalitas pemecahan masalah yang didasari oleh metode ilmiah, yang memerlukan pemeriksaan secara sistematis serta indentifikasi masalah dengan pengembangan strategi untuk memberikan hasil yang diinginkan. Proses keperawatan adalah salah satu alat bagi perawat untuk memberikan hasil yang diinginkan.
A. Pengkajian
Adalah langkah awal dari tahapan proses keperawatan. Pengkajian factor perilaku dalam promosi kesehatan menurut Lawrence Green : 1980 dalam bukunya Soekidjo Notoatmodjo, 2007 : 16-17).
1. Faktor Predisposisi (Predisposing Factor)
Faktor yang perlu dikaji adalah :
a. Pengetahuan dan sikap masyarakat terhadap kesehatan
b. Tradisi dan kepercayaan masyarakat terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan
c. Sistm nilai yang dianut masyarakat
d. Tingkat pendidikan
e. Tingkat social ekonomi
Hal di atas dapat dijelaskan bahwa untuk berperilaku kesehatan, misalnya pemeriksaan kesehatan bagi ibu hamil diperlukan pengetahuan dan kesadaran ibu tersebut tentang manfaat periksa kehamilan baik bagi kesehatan ibu sendiri maupun janinnya.Faktor ini terutama yang positif mempermudah terwujudnya perilaku,maka sering disebut factor pemudah.
2. Faktor pemungkin (Enambling factors )
Faktor yang perlu dikaji adalah :
a. Ketersediaan sarana dan prasarana atau fasilitas kesehatan bagi masyarakat
Missal : air bersih, tempat pembuangan sampah, tempat pembuangan tinja, ketersediaan makanan yang bergizi, termasuk juga fasilitas pelayanan kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit, poliklinik, posyandu, polindes, pos obat desa, dokter atau bidan praktik swasta.
3. Faktor Penguat (Reinforcing factors)
Faktor yang perlu dikaji :
a. Factor sikap dan perilaku tokoh masyarakat, tokoh agama, para petugas termasuk petugas kesehatan.
b. Undang-undang, peraturan-peraturan, baik dari pusat maupun pemerintah daerah yg terkait dengan kesehatan
B. Promosi Kesehatan Terkait Faktor
1. Promosi kesehatan dalam factor – factor predisposisi
Pendidikan atau promosi kesehatan ditujukan untuk menggugah kesadaran, memberikan atau meningkatkan pengetahuan masayarakat tentang pemeliharaan dan peningkatan kesehatan baik bagi dirinya sendiri, keluarganya maupun masyarakatnya, begitu pula promosi kesehatan memberikan pengertian tentang tradisi, kepercayaan masyarakat, dsb.
2. Promosi kesehatan dalam factor – factor Enabling
Pendidikan kesehatan dilakukan dengan memberdayakan masyarakat agar mereka mampu mengadakan sarana dan prasarana kesehatan dengan Cuma-Cuma tetapi memberikan kemampuan dengan cara bantuan teknik (pelatihan dan bimbingan), memberikan arahan, dan cara-cara mencari dana untuk pengadaan sarana dan prasarana, pemberian fasilitas hanya sebagai percontohan. Bentuk pendidikan yang sesuai pengembangan dan pengorganisasian yang sesuai (PPM), upaya peningkatan pendapatan keluarga, bimbingan koperasidsb.yang memungkinkan tersedianya polindes, pos obat desa, dana sehat, dsb.
3. Promosi kesehatan dalam factor Reinforcing
Promosi kesehatan yang paling tepat adalah bentuk pelatihan bagi toga, toma dan petugas kesehatan sendiri.Tujuan utama dari pelatihan ini adalah agar sikap dan perilaku petugas dapat menjadi teladan, contoh atau acuan bagi masyarakat tentang hidup sehat (berperilaku hidup sehat).
C. Pengkajian pada Individu
Pengkajian awal (initial assessment), dilakukan ketika pasien masuk ke rumah sakit.Selama pengkajian umum, perawat mengidentifikasi kesehatan yang dialami klien, dengan mengumpulkan data pengkajian baik umum maupun khusus dapat memudahkan perencanaan perawatan klien.
Hal yang harus dikaji :
a. Identitas pasien
b. Riwayat penyakit
c. Pola – persepsi –pemeliharaan kesehatan
d. Pola aktivitas latihan
e. Pola Nutrisi dan metabolic
f. Pola Eliminasi
g. Pola Tidur istirahat
h. Pola kognitif – persepsi
i. Pola toleransi – koping stress/persepsi diri/konsep diri
j. Pola seksual – reproduktif
k. Pola hubungan dan peran
l. Pola Nilai dan keyakinan
m. Pengkajian fisik
n. Pernapasan atau sirkulasi
o. Metabolik-integumen
p. Abdomen
q. Neurosensori
r. Muskuloskeletal
s. Perencanaan pulang
Pengkajian lebih lanjut dengan menggunakan format pengkajian (Lihat dan baca pada buku pengantar dokumentasi Proses Keperawatan karangan A.Aziz Alimul Hidayat, S.Kep.)
D. Pengkajian pada Keluarga
Pengkajian keluarga dan individu didalam keluarga.Pengkajian keluarga dengan cara mengidentifikasi data demografi dan social cultural, data lingkungan, struktur dan fungsi keluarga, stress dan koping yang digunakan dalam keluarga dan perkembangan keluarga, sedangkan pengkajian individu sebagai keluarga dengan cara mengkaji :fisik, mental, emosi, social dan spiritual. Pengkajian lebih lanjut dengan menggunakan format pengkajian Keluarga.(Format pengkajian terlampir).
E. Pengkajian pada Masyarakat
Hal yang perlu dikaji :
1. Data Inti
2. Data lingkungan fisik
3. Pelayanan kesehatan dan social
4. Ekonomi
5. Keamanan dan transportasi
6. Politik dan pemerintahan
7. Sistem komunikasi
8. Pendidikan
9. Rekreasi
Pengkajian lebih lanjut dengan menggunakan format pengkajian komunitas (masyarakat).(Format Pengkajian terlampir).
Iv. Penutup
Demikian bahan ajar :makalah ini, dibuat sebagai pedoman bagi mahasiswa untuk belajar pada mata kuliah promosi kesehatan pada kompetensi pengkajian factor prediosposisi (predisposing factors), factor pemungkin (Enambling factors), factor penguat (Reinforcing factors), pengkajian pada individu, keluarga serta masyarakat dan bagaimana membuat Diagnosa pembelajaran serta strategi pembelajarannya. Untuk kompetensi yang belum ada, akan di bahas pada pertemuan selanjutnya.Makalah ini juga sebagai media bagi penulis dalam proses pembuatan buku ajar bagi mahasiswa.
V.Referensi
1. Aziz Alimul Hidayat, 2002. Pengantar Dokumentasi Proses Keperawatan.Penerbit Buku Kedokteran EGC.jakarta.
2. Soekidjo Notoatmodjo, 2003.Prinsip-Prinsip Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat.Penerbit PT Rineka Cipta.Jakarta.
3. Soekidjo Notoatmodjo, 2007.Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku.Penerbit PT Rineka Cipta.Jakarta.
4. Wahit Iqbal Mubarak, dkk, 2006.Ilmu Keperawatan komunitas 2.Penerbit CV Sagung seto. Jakarta.
Makalah ini sebagai proses pembelajaran bagi penulis dalam rangka persiapan pembuatan buku ajar bagi mahasiswa dan merupakan bahan ajar bagi mahasiswa pada mata kuliah promosi kesehatan, mohon maaf seandainya ada kesalahan dalam penulisan, serta mohon masukan dan koreksi untuk kelengkapan dalam penulisan, untuk format-format pengkajian yang belum ada mahasiswa bisa menggunakan media buku-buku yang tersedia di perpustakaan.terima kasih.Penulis
BalasHapusTulisannya sangat bagus dan berguna...
BalasHapuspostingannya bisa menambah ilmu
BalasHapusmateri ini sangat membantu mahasiswa dalam balajar. dan menambah wawasan
BalasHapuskonsep materi yang bagus,mahasiswa bisa menjadi penasaran untuk membukanya.....
BalasHapusmakalahnya sangat berguna bagi yang membacanya
BalasHapusmateri ini dapat membantu mahasiswa dalam melakukan pengkajian di rumah sakit..
BalasHapusmaterinya berguna untuk melakukan pengkajian lingkungan masyarakat sebagai proses promosi kesehatan
BalasHapusmakalahnya bagus...digunakan sebagai pedoman mahasiswa untuk belajar mata kuliah promosi kesehatan....:)
BalasHapusmaterinya berguna buat saya untuk belajar.
BalasHapusmateri ini bisa menambah pengetahuan untuk mahasiswa
BalasHapusmaterinya sangat berguna dan dapat menambah ilmu pengetahuan bagi mahasiswa
BalasHapusmaterinya sangat lengkap dan dapat membantu dalam mata kuliah promkes
BalasHapusmaterinya sanagat bermanfaat
BalasHapusmaterinyasangat bagus bu,,,ini bisa menambah wawasan bagi mhasiswa dalam promkes
BalasHapusmaterinya bagus,mahasiswa dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
BalasHapusmaterinya memuaskan dan bagus untuk mahasiswa...i like it.
BalasHapusmaterinya sangat bagus dan bermanfaat bagi mahasiswa.
BalasHapus(Sangat disayangkan masih banyak orang – orang yang mengabaikan kebersihan diri dan lingkungannya, terbukti semakin banyaknya jumlah penyakit yang diakibatkan karena adanya kebersihan diri dan lingkungannya yang kurang baik)
BalasHapusbagaimna cara kita melakukan penkes trehadap orang orang seperti di atas bu?agar mereka mau melakukan kegiatan PHBS.
saya bangun mulyadiyanto(2.C)10.098
Saya setuju apabila perawat maupun calon perawat memiliki bekal yang cukup.
BalasHapusMakalah ini sangat bagus untuk dibaca dan dipahami,
Dan materi PROMKES pun semakin menarik.
saya setuju,karena ini sangat membantu mahasiswa dalam pembelajaran...
BalasHapusmakalah ini sangat bermanfaat untuk kita para mahasiswa keprwtan....thx untuk ilmunya
BalasHapus#prihanto ramadhan 2b 10.076 :-)
Siip materinya
BalasHapusSiap untuk belajar
terima kasih bu untuk materinya
everything is ok.. :D
Chatarina Derrinci F. - 10.052 - 2B
everything is ok
BalasHapusKami siap mempelajarinya.. :)
Eka Priyatun 10.057 2B
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapussaya sudah baca ibu~
BalasHapustapi belum smua. hehehehe. nanti saya teruskan :)
tapi saya yakin sangat bermanfaat ^^
tri anugrah 10.088 2B
semoga masyarakat dapat memelihara dan meningkatkan taraf kesehatannya....
BalasHapusmateri yang sangat bermanfaat khususnya bagi yang membacanya.....
Wahyu maifendi (IIC / 10.138)
materinya sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan bagi semua yang membacanya.
BalasHapusUmiyatun (IIC / 10.137)
sangat berguna untuk bahan pembelajaran baik untuk mahasiswa maupun untuk umum..
BalasHapusMei hanian IIC 10.116
materinya sangat bagus,ini bisa saya menambah ilmu pengetahuan saya, dan semoga bisa bermanfaat bagi yang membacanya...
BalasHapusFitria Linggawati (IIC/10.107)
Mnurut saya materi ibu bagus,terutama untuk saya karena bisa di terapkan dalam kehidupan saya sehari hari,dan bisa memahami secara mendalam.
BalasHapusLusi Susanti (IIC)
Terima kasih atas materinya, ini berguna bagi saya dan masyarakat. Ayo kita lanjutkan.
BalasHapusSatria Purnomo (IIC / 10.129)
Makalah ini sangat baik Bu, untuk kami baca dan kami pelajari selaku mahasiswa perawat. dengan membaca materi ini kami jadi lebih mengerti dan paham tentang bayak faktor faktor yang empengaruhipromoso kesehatan di masyarakat khususnya sekarang ini,
BalasHapusdan serta bagaimana kami mempunyai strategi yang bagus unutk belajar membuat dignosa yang jelas.
Yulius Bayu Aji/IIA/10.046
Artikel ibu sangat menarik, bisa menambah pengetahuan tentang kesehatan yang dapat menambah pengetahuan.
BalasHapusHerniati (IIC / 10.109)
materinya cukup menraik minat saya untuk belajar kesehatan lebih dalam lagi..memacu saya untuk lebih berkreasi lagi dalam melakukan promkes terhadap masyarakat.
BalasHapusdzulkifli 2C 10.103
Materi ini sangat bagus Bu, dan menarik untuk kami baca sebgai calon perawat karena proses yang akan kami lalui sebagai seorang perawat memerlukan modal pemecahan masalah yang perlu di dasari metode ilmiah, dengan membaca materi yang ibu sediakan identifikasi masalah yang kami hadapi dapat terselesaikan dengan hasi yang diinginkan kelak.
BalasHapusnuwun.
Fransiska Endah Y/IIA/10.014
Setelah saya membaca artikel tersebut, ternyata isi dari artikel tersebut sangat bagus. Dan menambah wawasan untuk saya. Terima kasih atas materinya, dan pastinya bisa bisa bermanfaat bagi yang membacanya.
BalasHapusSugeng Riyadi (IIc / 10.132)
materi ini sangat menarik dan bisa membantu mahasiswa
BalasHapusmakalah ini sangat menarik untuk baca dan setelah membaca materi ini sampai selesai saya menjadi lebih paham materi yang di ajarkan dosen waktu di kelas.
BalasHapusMAKALAH ini sangat membantu mahasiswa dalam mata kuliah promkes
BalasHapusmakalah ini sangat bermanfaat dan bisa menambah wawasan tentang promosi kesehatan serta bisa mengetahui bagaimana pengkajian yang baik dan benar
BalasHapusterima kasih atas materi yang telah diberikan karena dengan materi ini mahasiswa akan mengetahui cara pengkajian yang baik
BalasHapusartikel ini sangat membantu mahasiswa untuk memahami materi promkes dikelas.
BalasHapusterima kasih atas materinya bu
BalasHapusterima kasih bu,atas materinya karena sangat berguna bagi kita semua
BalasHapusmateri ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa khususnya makul prom.kes
BalasHapusbanyak materi yang menjadi wawasan baru untuk menambah pengetahuan mahasiswa dalam proses belajar.
BalasHapusmaterinya sangat berguna bagi mahasiswa karena mungkin dapat menambah pengetahuan bagi kita.
BalasHapussalam hormat dari Ari P. (IIC /10.096)
materinya bagus dan bermanfaat
BalasHapusmaterinya belum saya baca semua, tapi saya yakin materi ini sangat bermanfaat bagi kami.
BalasHapusterimakasih bu.^^
Dyah Restu A. IIB
materinya sangat bagus, menambah pengetahuan buat Mahasiswa kususnya untuk matakuliah Promkes.
BalasHapusmateri ini bisa bermaanfaat
BalasHapusbagus bu dan sangat bermanfaat.
BalasHapusIstianna nur saputri
IIA
materinya sangat bermanfaat dan menambah wawasan atau pengetahuan mahasiswa khususnya makul promkes
BalasHapussusilowati IIB
materinya bagus,, menambah ilmu pengetahuan dan bermanfaat bagi yang membaca khususnya mahasiswa..
BalasHapusterimakasiih bu....
dian lingga pangestu, 2B, 10.054
materinya bagus bu dan bemanfaat untuk menambah pengetahuan para mahasiawa
BalasHapusUMI MUNAWAROH IIB (10.090)
materinya cukup bermanfaat buat mahasiswa bu. terima kasih...
BalasHapuslinda setia. IIB (10.068)
materi ini bagus untuk menambah wawasan saya.
BalasHapusmaterinya cukup bagus bisa memotivasi saya melakukan penkes dan pengkajian.
BalasHapustrilogi kurniawan
10.136
2.C
materinya bagus.... juga menambah wawasan bagi kita khususnya mata kuliah promkes.....
BalasHapusintri kusmiatin
II B
10.064
menurut saya artikel yang ibu buat sangat memotivasi saya
BalasHapusdita.y
10.101
2C
makalah ibu sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa keperawatan khususnya.
BalasHapusrina rakhmawati (IIC / 10.126)
materinya bagus untuk mahasiswa, unktuk mengembangkan atau membangun pola pikir mahasiswa untuk pengkajian masyarakat sebagai promosi kesehatan
BalasHapustofan bayu (IIC / 10.134)
materi.a sangat bagus bu..mudah dimengerti dan juga bermanfaat bagi say..makasiih..
BalasHapusX: finda sarimurti; 2B(10.060)
menurut saya materinya sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kami khususnya bagi mahasiswa kesehatan
BalasHapusIRNAWATI
IIB
10.065
Menurut saya makalah yang Ibu buat sudah bagus dan sangat bermanfaat,karena saya menjadi lebih paham akan materi promosi kesehatan yang telah Ibu ajarkan sebelumnya di kelas.
BalasHapusSaya tunggu artikel selanjutnya.......
terimakasih
Hebat Rahmawati/10.062/IIB
promosi kesehatan adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh seorang perawat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan baik asien, keluarga ataupun masyarakat...
BalasHapusmunurut saya matrei sangat bagus bisa memberi pengetahuan lebih untuk kta sebagai calon perawat dan bisa menjadi bekal kita nanti saat turun di lapangan.
BalasHapusfeliana
10.106
2C
materi yang di beri sangat baik untuk kita mahasiswa keperawatan,karena dengan materi tersebut kita medapatkan bekal untuk paraktek kita selanjutnya.
BalasHapusesti.susanti
10.105
2C
terimakasih bu materinya sangat bermanfaat dan dapat menambah pemahaman ttng materi promkes
BalasHapusRENI KURNIATI
IIB
10.078
munurut saya materi sangat bagus dan bisa menambah pengetahuan untuk kami mahasiswa keperawatan.
BalasHapusdan bisa menambah wawasan khususnya dibidang promosi kesehatan.
rossi ekawati
10.128
2c
blog yang ibu buat sangat membantu kami dalam proses pembelajaran sehingga kami dapat belajar secara mandiri dalam mengumpulkan materi.
BalasHapusTerimakasih atas materi yang ibu sampaikan disini
BalasHapusMudah-mudahan kami sebagai mahasiswa keperawatan bisa mengaplikasikan didunia nyata
Rifqi nugroho (IIB/10.079)
Artikel ibu sangat menarik, setelah saya membacanya saya menjadi lebih mengerti dan semoga bermanfaat bagi saya.
BalasHapusRosita Trianasari
2B
10.081
menurut saya materi ibu sangat bagus ...semoga bermanfaat bagi mahasiswa
BalasHapusRatna novita ningrum
2c
10.124
artikel yang ibu tulis sangat baik untuk mahasiswa keperawatan dan semoga bisa bemanfaat bagi para pembaca.
BalasHapusnurhardiatiningsih
2c
10.120
setelah saya membaca materi ibu diatas,saya jadi termotivasi untuk menjaga kesehatan saya sendiri dan menerapkan promosi kesehatan untuk pasien..
BalasHapusYusningtias.A(II.C/10.140)
sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepeda Ibu yang telah mnyajikan materi perkulihan melalui media seperti ini sehingga mempermudah saya dan temen-temen yang mungkin mengalami kesulitan dalam menyalurkan pendapat di kelas, dapat berpartisipasi dalam menyalurkan pendapat. Selain itu, dapat menjadi penguji pemahaman Mahasiswa tentang materi yang disajikan melalui media ini lewat komentar-komentar yang diberikan oleh setiap Mahasiswa.
BalasHapusSetelah saya baca materi di atas maka saya tertarik untuk lebih memahaminya dan tentunya sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan khususnya di bidang kesehatan. Semoga bermanfaat bagi kita semua,,,
MAteri ini sangat bagus,bisa menambah wawasan saya dan juga bermanfaat bagi pembaca terutama bagi mahasiswa.
BalasHapusDevi Maria.T (II.C/10.100)
saya Tri susanti tk 2a,artikel pada blog ibu sangat baik dan sangat berguna bagi pembaca artikel tersebut.cara pembelajaran seperti ini juga dapat mengoptimalkan pembelajaran di akper yakpermas.
BalasHapusnama:Tri susanti
nim:10.042
tk:2a
nama:puji raharjo
BalasHapusnim:10.123
tk:2c
artikel ibu sangat menarik dan metode pembelajaran seperti ini dapat membantu teman teman yang di kelas kurang aktif menjadi bisa berpendapat.
materinya sangat bagus untuk kita 2B Khususnya dan tingkat 2 umumnya.terima kasih atas materinya bu.
BalasHapusfajar wati
IIB
10.059
terima kasih atas materi yang ibu berikan.
BalasHapussemoga materi ini berguna dan bermanfaat serta dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi kami semua.
tita nikmatiah
II B
materinya sangat bagus dan bermanfaat buat semua mahasiswa kususnya tingkat 2,,terimakasih atas materinya bu..
BalasHapusawalia nur indah .a.
2b
10.051
terimakasih atas materinya
BalasHapuskami akan mempelajarinya untuk menambah wawasan bagi kami.
paradis yuniarti
II B
Metode pembelajaran ini sangat saya suka bu.
BalasHapusmaterinya ibu sangat bermanfaat sekali bagi kami para mahasiswa keperawatan.
Al'anam .L. M
10.095
II C
Materi yang diberikan bagus,mudah dimengerti dan dapat menambah wawasan bagi mahasiswa.
BalasHapusartikelnya sangat menarik dan menambah pengetahuan saya dalam memahami materi tentang promkes dan dapat membantu saya untuk pengkajian saya dilapangan...........
BalasHapusmenurut saya artikel tersebut bagus dan saya bisa lebih bisa memahaminya karena lebih jelas dari apa yang sudah ibu sampaikan di kelas. Terima kasih dan saya tunggu artikel ibu selanjutnya.
BalasHapusIIN IMAS SUDARYATI / 10.063 / IIB
materinya bagus untuk saya pelajari.
BalasHapusmaterinya bagus bisa di mengerti dan dapat di pahami oleh mahasiswa.
BalasHapusmateri ibu menarik untuk dipelajari, dan bermanfaat bagi saya sebelum terjun ke masyarakat untuk melakukan promosi kesehatan terhadap individu, keluarga, komunitas dan masyarakat........
BalasHapusTerimakasih untuk ibu karena ibu telah memberikan materi yang jelas dan menarik, khususnya materi promkes.
BalasHapusmateri itu akan menjadi bekal kita nanti ketika praktek langsung ke masyarakat..........
materinya sangat bagus bu,bisa menambah wawasan bagi yang membacanya.
BalasHapusdwi oktaviani IIB
menurut saya materinya sangat bagus bu,dapat memacu kita untuk belajar.
BalasHapusmei listiani
2B/10.070
siph,,ini sangat bermanfaat bagi mhs..terimakasih :)
BalasHapusCITRA UTAMI 10.099
Terimakasih atas ilmunya bu....
BalasHapusZulfikar Ali Rachman 10.094
menurut saya materinya sangat bagus.
BalasHapussemoga bisa berguna buat pembelajaran dan bisa di praktekkan di lingkungan sekitar kita.
Laela N.M
Kelas 2B(10.067)
Terima kasih Ibu atas Materi nya,,karena Materi dapat membuka wawasan kami dan para pembaca lain nya...
BalasHapusAndrison Ta'ek (10.002)
bagus bu.
BalasHapusmaterinya bagus bu.
BalasHapusisi materinya berbobot bu.
BalasHapusbu . . materinya bagus,menambah wawasan kami sebagai calon perawat.semoga bisa kami praktekan dilapangan.
BalasHapusmateri nya mudah dimengerti
BalasHapusibu........ini yanas kelas IIB, maaf baru bisa posting.
BalasHapusmateri na bagus dan dapat menambah ilmu untuk praktik dalam keperawatan .
everything it's ok.
materi yang ibu berikan sangat membantu saya untuk belajar secara online sangat unik pembelajarannya.trima kasih ibu atas materinya
BalasHapusreni nurhidayati(10.125)
klz 2C
materi yang ibu buat sangat menarik karena bisa menjadi motivator bagi saya pribadi bagaimana cara menjaga kebersihan
BalasHapusSiti mutoharoh
kls 2C
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusmenurut saya materi ibu sangat bagus.karena bisa menjadi motivasi bagi saya
BalasHapussutiani 10.133
2c
bagus materinya dan bermanfaat bagi mahasiswa
BalasHapusimam sutofa
10.110
2c
aku suka materinya
BalasHapusrossi eka wati
10.128
2c
bagus materinya dan bermanfaat bagi mahasiswa
BalasHapusimam sutofa
10.110
memotivasi mahasiswa dalam belajar,dan materinya sangat menarik.
BalasHapusrizal dwi satrio adi
10.127
memotivasi mahasiswa dalam belajar,dan materinya sangat menarik.
BalasHapusmusovik
10.118
Ibu, bisa lebih banyak memberi materi lagi kah?
BalasHapussaya tunggu bacaan baru nya ya bu................
^_^
bagus bu bisa menambah ilmu
BalasHapusoka yuga.r
10.121
2C
sangat bagus bu,, dan bermanfaat bagi mahasiswa...
BalasHapuseriska anggraini
2b
10.058
mavv ibu telattt
BalasHapussayya suda baca tapii bbrapa .,dan semuga bbrmnfaat untuk saya kdpan .
trimakasii ibu
2b .yun afni
makalah ibu semoga dapat bermanfaat bagi yang membacanya, termasuk saya. amin
BalasHapusades talia 2B
10.048
Materinya bagus Bu,smoga bermanfaat bagi kami sebagai mahasiswa khususnya di bidang KESEHATAN.
BalasHapusVerdy M.Faot
2B/10.091
Ibu, maaf saya telat posting, materinya telah saya baca.
BalasHapustapi saya ada yang belum begitu jelas, dengan penjelasan Ibu kemarin pagi di kelas, saya jadi lebih gamblang.
Terimakasih ya Bu . . . ^_^
Everthing it's OK
Ibu, maaf saya telat posting, materinya telah saya baca.
BalasHapustapi saya ada yang belum begitu jelas, dengan penjelasan Ibu kemarin pagi di kelas, saya jadi lebih gamblang.
Terimakasih ya Bu . . . ^_^
Everthing it's OK
Rityo Pangestiko
II B / 10.088
sangat menerik,semoga bermanfaat bagi kami.
BalasHapusany rosiyanti
10.049
2b
setelah saya membaca materinya,menarik untuk dibaca dan mudah di pahami
BalasHapussafril hajar
2b
10.082
bagus buat pembelajaran .
BalasHapusmaterinya bagus bu,, dan sangat bermanfaat bagi mahasiswa..
BalasHapusfrianita carolina
IIB
10.062
Menurut saya materi yang ibu berikan bisa untuk memotivasi saya dan menambah pengetahuan buat saya.
BalasHapusPratami Sandra M
10.122
Iic
menurut saya materi ibu sangat bermanfaat karena menambah wawasan saya,,makasih ya bu
BalasHapusdwi prikhatun
10.102
IIc
menurut saya materi yang ibu paparkan sangat bagus dan dapat menambah wawasan>itu sangat bermanfaat bagi kami.mksih bu.
BalasHapusmenurut saya materinya sngat membantu untuk belajar.
BalasHapusmksh postannya sngat membantu.
BalasHapuskunjungi juga blog saya
http://yogiafrian93.blogspot.com
sangat efisien buat belajar bu hehehe
BalasHapusmakasih bu :)
terimakasih ibu materinya sangat membantu saya dlm mengatasi kepusingan saya dlm mempelajari materi ini :)
BalasHapusviqri leliana 17.104 2C